Memilih Jurusan Kuliah

Pengumuman hasil Ujian Nasional 2012 tingkat SMA/SMK setelah search di google akan diumumkan hasilnya pada tanggal 26 Mei 2012. Tentunya semua peserta ujian nasional berharap cemas menunggu hasilnya. Apakah lulus atau tidak, saya doakan semoga lulus semua dengan hasil yang memuaskan. Amin . .

Bagaimana Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat ?

Sesuai dengan perkembangan zaman tentunya dulu dengan sekarang sangatlah berbeda jauh. Dalam dunia kependidikan jika orang tua dulu mengharapkan anaknya bisa kuliah sampai tinggi dan akhirnya mendapatkan pekerjaan, terutama bisa menjadi PNS. Terbukti banyak lulusan-lulusan dari bangku kuliah D3, S1 dulu sukses menjadi PNS seperti apa yang diharapkan. Namun untuk saat ini, lulus kuliah dan segera mendapatkan pekerjaan sangatlah sulit. Terbukti juga banyak lulusan-lulusan D3, S1 di Indonesia saat ini menganggur tak dapat pekerjaan akibat tak sebandingnya lulusan kuliah dengan lowongan pekerjaan yang ada dan persaingan semakin ketat.

Dari sudut pandang permasalahan tadi dapat disimpulkan bahwa mahasiswa saat ini diharuskan bisa menumbuhkan minat berwirausaha. Seperti yang sudah saya baca dibeberapa media dan di kampus saya selalu ada seminar mengenai enterpreunship yang intinya mengajak mahasiswa menumbuhkan minat berwirausaha. Diharapkan nantinya setelah lulus kuliah namun belum mendapatkan pekerjaan bisa mencoba membangun usaha sendiri.

Bagi para lulusan SMA/SMK saat ini jika ingin melanjutkan studi dibangku perkuliahan pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat anda. Jangan memilih jurusan kuliah berdasarkan ikut-ikutan teman. Ini dapat menjadi bumerang bagi anda sendiri, karena memilih jurusan yang tidak tepat. Sebagai referensi anda bisa mempertimbangkan jurusan seperti jurusan agribisnis, peternakan, komputer, desain grafis, pertanian, dll. Jurusan kuliah ini menurut saya adalah jurusan yang tepat dalam menumbuhkan jiwa wirausaha, karena ilmu yang didapat nantinya bisa digunakan dalam membangun usaha. Misalkan saja memilih jurusan peternakan atau agribisnis, kita dapat menggunakan ilmunya dalam mambangun usaha dibidang budidaya ternak, tanaman, dll.

Oke sekian posting kali ini mengenai memilih jurusan kuliah semoga dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi lulusan SMA/SMK/sederajat yang akan melanjutkan studi di bangku kuliah.

Gambar diambil dari google.com
2 Komentar untuk "Memilih Jurusan Kuliah"

Hanya kunjungan pengobat rindu sob, dari Situs Content Muchopick.Com.
Salam WP.

Berkomentarlah yang santun dan sesuai dengan postingan

Back To Top