Bertanggung Jawablah Dengan Pilihanmu

" Ayolah jangan kau berhianat dengan apa yang sudah menjadi pilihanmu, kamu harus mempertanggung jawabkan apa yang sudah menjadi pilihanmu. Ikutilah semampumu dan insya alloh masa depan akan kau raih, yakinlah itu- Family SanJAYA "

Terkadang seseorang mahasiswa pernah merasakan apa yang dinamakan dengan kegalauan. Kegalauan itu bisa berupa keinginan untuk pindah program studi yang lain. Atau juga mempunyai keinginan untuk pindah kampus. Itu adalah hal yang biasa terjadi oleh segelintir mahasiswa. Akibat kegalauan tersebut sampai-sampai ada juga mahasiswa yang tidak masuk kuliah sampai beberapa minggu. Itu juga yang terjadi kepada saya. Hingga saya tidak masuk kuliah hampir 1 bulanan orang tua saya pun tidak tahu kalo selama ini saya tidak kuliah.

Suatu hari saya sedang jalan-jalan disalah satu blog yang saya dapatkan dari hasil search. Inilah awal mula kebangkitan semangat saya untuk kembali menjalani rutinitas saya sebagai mahasiswa. Tulisannya memang sangat menggugah dan menggetarkan jiwa saya. Saya baca berulang-ulang hampir saja saya berlinang air mata. Kala itu saya membacanya pada malam hari yang terasa sunyi.

Esok harinya ketika itu hp saya berbunyi, saya lihat oh ternyata bapak saya telpon langsung saja saya mengangkatnya. Sampai beberapa menit berbicara, bapak saya menanyakan gimana kuliahnya ? kapan UTS nya ? Mendengar pertanyaan tersebut saya langsung tersentak hanya terdiam membisu. Loh kok diam ? ujar bapak saya. Saat itulah saya mengatakan jujur kepada bapak saya kalo selama ini saya sudah tidak pernah masuk kuliah lagi. Saya tahu kalo bapak saya ini kecewa kepada saya. kok nggak kuliah, bikin malu saja, kuliah itu untuk masa depanmu, bukan untuk bapak. Lihatlah orang-orang di desa sekarang pada berbondong-bondong kuliah lagi. Ehh ini kok anak saya kok gak semangat kuliah ujar bapak saya.

Mendengarkan perkataan itu saya jadi sedih dan malu kepada diri saya sendiri mengingat dulu sebelum saya masuk kuliah dan memutuskan untuk memilih jurusan yang saya pilih, saya begitu semangat dan kegirangan, lantaran inilah keyakinan saya untuk bisa menggapai masa depan yang cerah nantinya. Dan orang tua saya pun mendukung agar saya bisa kuliah di jurusan yang saya pilih ini. Namun dengan seiring berjalannya waktu sampai pada waktu memasuki semester ke 2 kegalauan itu muncul. Ingin rasanya saya pindah kampus dan memilih jurusan lain. Alasan saya kenapa ingin pindah kampus dan memilih jurusan lain tidak perlu saya tuliskan di sini. Biarlah saya, Alloh SWT dan orang tua dan kakak saya yang mengetahuinya.

Dengan segala kekecewaan orang tua saya selalu membangkitkan semangat saya agar tetap melanjutkan kuliah. Sembari membaca kembali sms dari orang tua saya dan membaca kembali blog yang pernah saya baca. Merenungkannya dan berdiskusi diri saya pun memperoleh suatu jawaban. " Ayolah jangan kau berhianat dengan apa yang sudah menjadi pilihanmu, kamu harus mempertanggung jawabkan apa yang sudah menjadi pilihanmu. Ikutilah semampumu dan insya alloh masa depan akan kau raih, yakinlah itu ". dan kalimat-kalimat itulah semangat saya untuk melanjutkan kuliah muncul kembali. Semoga saya bisa konsisten menjaga semangat ini. Amin...
4 Komentar untuk "Bertanggung Jawablah Dengan Pilihanmu"

pg kang , ,mks artikelnya . . ,,n nice post

@huzai : pagi juga,, makasih atas apresiasinya,, terimakasih juga sudah berkunjung di blog saya.. .

ayo semangat menyelesaikan kuliah *juga nasehat utk diri sendiri* :)

Berkomentarlah yang santun dan sesuai dengan postingan

Back To Top